Menu Tutup

Kereta Inspeksi IW-7

Foto : Bpk. Laksmono R. Rahayu

IW-7 adalah kereta inspeksi milik KAI yang berada di DIVRE I Sumatera Utara. IW-7 kini berada dalam kondisi mangkrak di dalam Balai Yasa Pulubrayan. IW-7 terakhir kali digunakan sekitar 2008 silam. Underframe kereta ini dibuat oleh J.J Beijnes, sementara bodynya dibuat oleh Werkplaats DSM Pulubrayan.

Sisi lain. Foto : Bpk. Laksmono R. Rahayu
Nomor kereta. Foto : Bpk. Laksmono R. Rahayu

IW-7 tadinya adalah kereta inspeksi Kesultanan Deli yang dioperasikan oleh DSM (Deli Spoorweg Maatschappij). Pada jendelanya, terdapat grafir logo Kesultanan Deli dan grafir tulisan DSM. Kereta ini memiliki balkon pada masing-masing ada di ujung body. Balkonnya sendiri berbeda model antara ujung satu dengan ujung lainnya. Semasa era DSM, kemungkinan perjanjian kontrak antara Kesultanan Deli-DSM juga mencakup perawatan kereta ini, selain biaya operasionalnya.

Balkon di sisi jauh foto pertama. Foto : Bpk. Laksmono R. Rahayu

Grafir logo DSM dan lambang Kesultanan Deli. Foto : Bpk. Laksmono R. Rahayu (DSM), Bpk. Paulus Sony Gumilang (Kesultanan Deli)

Kereta inspeksi ini menggunakan bogie jenis Craddle (K3). Suspensi utamanya menggunakan pegas daun yang dikombinasikan dengan pegas ulir. Suspensi sekundernya menggunakan pegas daun tanpa peredam kejut. Tadinya, bogienya menggunakan plain bearing (sepertinya merk Timken), namun kemudian diganti menjadi roller bearing. Untuk operasional dibatasi maksimal 75 km/jam.

Foto : Bpk. Laksmono R. Rahayu

Kereta ini menjadi milik DKA seiring dengan nasionalisasi DSM. Kereta ini digunakan hingga sekitar 2008 silam, sebelum akhirnya dipensiunkan dan disimpan di Balai Yasa Pulubrayan.

Foto-foto koleksi Yoga Bagus Prayogo :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!