Menu Tutup

ILW-4 SMT, Kereta Pesiar Sunan

Di Alun-alun Kidul Keraton Surakarta, terdapat dua buah kereta yang dipajang. Satu adalah Kereta Jenazah/Praalwagen, sementara satunya adalah Kereta Pesiar. Kedua kereta ini memiliki ikatan sejarah dengan Pakubuwono X, Sunan Kasunanan Surakarta yang terkenal sebagai “Sunan Sugih”.
MD : 23 – 12 – 1911
Rh Sm : 17 – 12 – 1985

Kereta ini merupakan Kereta Pesiar milik Sunan Pakubuwono X, yang dikemudian hari digunakan oleh PNKA. Rehabilitasi kereta ini dilakukan di Balai Yasa Semarang/Pengapon sekitar 1973 atas perintah Kepala Eksplotasi Tengah Chaidir Nin Latief. Rehabilitasi meliputi pergantian dinding kereta dari kayu menjadi baja, serta penambahan AC dan perubahan interior. Interior yang tidak diubah hanyalah sebuah kamar tidur yang tetap dipertahankan sesuai aslinya. Sistem pengeremannya juga ditambah dengan rem udara tekan/rem westinghouse.

Rh/Rehab Semarang yang ditulis di body hanya menunjukkan perbaikan kosmetik, sebagai bagian dari peran kereta ini sebagai pajangan di Stasiun Semarang Tawang. Kereta ini sempat dipajang di salah satu sepur badug Semarang Tawang, sebelum akhirnya dipindah ke Alun-alun Kidul Surakarta. Kereta ini menggunakan bogie jenis Craddle/K3, dengan coupler otomatis tipe Henricot. Jendelanya menggunakan kerai besi.
Kereta ini diperlakukan layaknya benda pusaka. Semasa masih digunakan oleh PJKA, setiap akan digunakan untuk berdinas, kereta ini harus “ditembung”/dimintai ijin untuk digunakan. Semasa digunakan oleh PJKA, Kereta Inspeksi ini dikhususkan untuk pejabat level Kepala Eksplotasi (dalam hal ini KETH/Kepala Eksplotasi Tengah) ke atas. Kereta ini juga sempat digunakan oleh Gubernur Jawa Tengah, Munadi, untuk berkeliling Jawa Tengah.

Sayangnya, kondisi kereta ini saat ini kurang terawat. Catnya kusam, dan terdapat coretan tangan manusia yang tidak bisa menghargai benda bersejarah. Semoga kedepannya kereta ini dan kereta jenazah Pakubuwono X dapat diperbaiki, walau hanya secara kosmetik.

Sumber : Wawancara dengan Bpk. Abdullah Widjaja, IKL/Inspektur Lalu Lintas Inspeksi 5 Semarang yang menjabat era 1970an awal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!